Home » » Tips Beli Mobil Bekas

Tips Beli Mobil Bekas

Posted by NET SUPER TRAVEL on Rabu, 28 Januari 2015

Di tengah kesibukan hari ini, saya didatangi seorang teman baru yang memang baru kenal dalam beberapa bulan lalu. Ternyata teman ini datang bermaksud minta bantuan saya untuk melihat kondisi sebuah mobil bekas, mobil bekas ini rencana mau dibeli olehnya dan ia meminta saya untuk memberikan saran tentang kondisi mobil bekas ini, layak atau tidak untuk dibeli. Kenapa saya yang dimintai saran ya???, untuk tidak mengecewakan saya coba menyanggupi. Dengan sedikit pengetahuan saya tentang mobil akhirnya saya bisa memberikan gambaran tentang kondisi mobil bekas yang dimaksud.

Dari kejadian hari ini, meskipun sederhana ternyata bagaimana melihat kondisi mobil bekas perlu juga dipelajari. Paling tidak meskipun tidak bisa beli mobil, saya bisa bantu orang lain memberi saran (hehe.....).

Berbekal gugling pada malam hari ini, buka situs sana - sini, ada beberapa Tips Beli Mobil Bekas yang dapat saya himpun di artikel kali ini, silahkan simak barangkali ada rencana beli mobil bekas.

1. Cek Bagian Bawah Mobil
Jika memungkinkan mengangkat mobil dengan hidrolik lebih bagus, tapu kalau tidak terpaksa kita harus mengintip kolong mobil. Bagian yang diamati adalah bagian chasis mobil yang kemungkinan ada bekas tambalan atau berkarat/keropos. Tambalan bisa saja terjadi karena chasis mobil pernah patah atau bengkok, tentunya ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Tips Beli Mobil


2. Cek Bagian Karpet Mobil
Bagian karpet mobil, meskipun mudah dibersihkan tapi perlu juga diperhatikan, apakah karpet mobil dalam keadaan kering atau lembab. jika lembab bisa jadi ada kebocoran di lantai mobil. atau lantai mobil sudah keropos terdapat pori-pori akibat karat.
Tips Beli Mobil

3. Cek Bagian Pedal Kaki
Bila anda percaya bahwa saat ini angka kilometer mobil bisa diakali, itu benar. Untuk mengetahui jam terbang mobil bukan dari kilo meter, tapi anda bisa mengecek karet pedal gas sudah aus atau tidak.
Tips Beli Mobil


4. Cek Bagian Mesin
Pada bagian mesin, bisa kita lihat sil-sil mesin, apakah ada bercak oli, atau bagian baut mesin yang ada bekas pernah dibuka. Jika iya, kemungkinan mesin pernah dibongkar dan ada perbaikan besar pada bagian mesin.
Tips Beli Mobil


5. Cek Surat-surat
Cek kelengkapan surat-surat seperti BPKB, STNK dan pelunasan pajaknya. Jika anda ragu dengan keaslian buku, disarankan untuk cek fisik dengan BPKB dengan dengan membawa mobil ke kantor Samsat terdekat dalam rangka membuktian keaslian BPKB.
Tips Beli Mobil


Demikian Tips Beli Mobil Bekas, mudah-mudahan bisa menjadi referensi anda untuk beli mobil baru (tapi bekas). Semoga bermanfaat, terima kasih.


Sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Sangat berterima kasih jika anda memberikan kritik, saran dan pendapat melalui kolom komentar.

Jangan lupa infokan juga tentang tempat wisata yang belum disajikan di blog ini.

Pemesanan Tiket, Gunakan Menu Kanan Atas Halaman >>


widget
Diberdayakan oleh Blogger.