Home » » Danau Paling Jernih Sedunia

Danau Paling Jernih Sedunia

Posted by NET SUPER TRAVEL on Selasa, 10 Maret 2015

Bayangkan, Anda bisa melihat danau sampai kedalaman puluhan meter dengan mata telanjang. Inilah Blue Lake di Selandia Baru yang disebut-sebut sebagai danau paling jernih di dunia.

Selandia Baru boleh bangga dengan kekayaan alamnya. Negeri mungil di dekat Australia ini diberkahi lanskap pegunungan sampai pantai yang cantik jelita. Blue Lake di Nelson Lakes National Park adalah salah satunya.

National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) dari Selandia Baru melakukan penelitian terhadap kejernihan air di Blue Lake di tahun 2011. Hasilnya sangat mengejutkan, kejernihan air di sana mampu memiliki visibility atau daya pandang mencapai kedalaman 80 meter.

Penelitian tersebut memakai teori penyulingan air. Terbukti, air di Blue Lake benar-benar bersih dan tanpa noda. Sejak itulah, pemerintah setempat berani memberikan Blue Lake sebagai World's Clearest Lake alias danau paling jernih di dunia.

Tak main-main, Department of Conservation pun merawat dan membenahi kawasan di sekitar danaunya, serta membuat penginapan untuk turis. Ada 16 penginapan bertema villa yang bisa disewa.

Kembali ke soal kejernihan Blue Lake, air danaunya memang bisa membuat Anda takjub. Dari pinggiran danaunya saja, sudah terlihat bagian bawahnya yang berisikan bebatuan. Bahkan dari beberapa sudut, Anda bisa melihat refleksi langit dan perbukitan lewat air danau yang dipantulkan seperti cermin.

Jika diperhatikan dari sudut-sudut tertentu, air danaunya tidak biru toska, tapi biru keungungan. Blue Lake sebenarnya merupakan daerah pertemuan dua danau gleyser. Kemungkinan itulah yang membuat danau ini memiliki air paling jernih.

Pegunungan dan hutan rimbun mengelilingi Blue Lake, yang memberikan suasana tenang dan udara segar. Selain berfoto-foto di Blue Lake, turis juga bisa trekking menjelajahi Nelson Lakes National Park.

Kota terdekat dari Blue Lake adalah Nelson. Anda bisa naik mobil selama 1-2 jam untuk tiba di sana. Bagi masyarakat setempat, Blue Lake punya nama asli Ngati Apa Iwi As Rotomairewhenua yang artinya air penuh kedamaian. Tak salah, hati terasa damai ketika melihat danaunya dari dekat.
Sumber



0 komentar:

Posting Komentar

Sangat berterima kasih jika anda memberikan kritik, saran dan pendapat melalui kolom komentar.

Jangan lupa infokan juga tentang tempat wisata yang belum disajikan di blog ini.

Pemesanan Tiket, Gunakan Menu Kanan Atas Halaman >>


widget
Diberdayakan oleh Blogger.