Home » » Deg-degan Mendarat di Bandara Tengah Samudra Hindia Pulau Agatti, India

Deg-degan Mendarat di Bandara Tengah Samudra Hindia Pulau Agatti, India

Posted by NET SUPER TRAVEL on Sabtu, 24 Januari 2015

Pernah terbayang mendarat di tengah laut, dengan pemandangan air biru sejauh mata memandang? Inilah Agatti Aerodrome, bandara di pulau kecil Agatti, India yang landasan pacunya ada di tengah Samudera Hindia.

Pulau Agatti rasanya masih terdengar asing di telinga traveler. Lokasinya memang cukup jauh dari daratan Negeri Bollywood, sekitar 459 dari Kochi yang merupakan ibukota negara bagian Kerala di bagian selatan India. Soal kawasan, Pulau Agatti masuk dalam teritori Lakshadweep.

Namun bagi traveler 'berduit' pulau yang panjangnya 5 km serta lebar 2,7 km persegi ini serasa milik pribadi. Hanya ada dua resor di sana yakni Sea Shells Beach Resort dan Agatti Island Beach Resort, yang menawarkan pantai berpasir putih, puluhan spot diving dan lautan jernih. Suasananya sungguh tenang dan syahdu.

Terlepas dari itu, Pulau Agatti memiliki bandara yang bisa dibilang unik sekaligus mengerikan. Siapa saja yang hendak menuju ke sana, siap-siap landing di tengah Samudera Hindia!

Dari penelusuran, Jumat (23/1/2015) landasan pacu dari Agatti Aerodrome atau sebut saja Bandara Agatti menjorok ke arah laut. Panjangnya 1204 meter dan punya lebar 30 meter. Bahkan, ketinggiannya cuma 12 kaki atau 4 meter dari permukaan laut!

Pesawat yang bisa mendarat di sana pun bukan yang ukurannya besar, melainkan pesawat perintis. Saat pesawat mendarat, rasanya pasti deg-degan kalau membayangkan pesawat salah mendarat sedikit. Untuk itu, pilot-pilot yang punya jam terbang tinggilah yang boleh mendaratkan pesawat di sana.

Bandara Agatti sendiri sudah ada sejak tahun 1988 dan baru dipermak menjadi bandara komersil pada tahun 2010 silam. Sempat ada wacana landasan pacunya diperpanjang, tapi sampai saat ini masih begitu-begitu saja.

Bandara ini jadi satu-satunya pintu masuk turis dan masyarakat setempat. Maskapai yang melakukan penerbangan ke sana pun hanya Air India. Tapi, setidaknya mereka melayani rute penerbangan PP ke Pulau Agatti dari kota-kota besar di India seperti dari New Delhi, Kochi dan Mumbai.

Berani mendarat di sana?


0 komentar:

Posting Komentar

Sangat berterima kasih jika anda memberikan kritik, saran dan pendapat melalui kolom komentar.

Jangan lupa infokan juga tentang tempat wisata yang belum disajikan di blog ini.

Pemesanan Tiket, Gunakan Menu Kanan Atas Halaman >>


widget
Diberdayakan oleh Blogger.