Home » , , » Singkat Cerita Asal Nama Kota Medan

Singkat Cerita Asal Nama Kota Medan

Posted by NET SUPER TRAVEL on Minggu, 18 Januari 2015

Mengingatkan kembali kepada orang Medan, yang lahir dan dibesarkan di Kota Medan. Tidak ada salahnya mengetahui tentanga asal nama Kota Medan. Barangkali ada yang belum mengetahui dari mana sebenarnya nama Medan menjadi Nama Kota Medan.

Berikut beberapa kisah yang kami himpun menyebut asal nama Medan menjadi nama Kota Medan :


  1. Tanah datar/ tanah lapang yang dijadikan tempat/ Medan peperangan antara kerajaan Aru, Aceh, kontra Portugis dan Johor, jadilah ia berasal dari kata Medan Peperangan yang dipersingkat Medan.
  2. "Maiden" yang berarti tanah datar, merupakan bahasa hindustan karena kata tersebut berasal dari sultan deli yang pertama Tuanku Zulqarni Bahatsid Segh Matarruludin, karena disesuaikan dengan logat orang melayu jadilah namanya Medan.
  3. Berasal dari bahasa Karo yang berbunyi "Maden" yang berarti sembuh karena kisahnya dahulu diceritakan bahwa di pinggir Sungai Deli dan Babura banyak orang yang menderita Lepra dan sembuh sehingga kata Maden (sembuh) tersebut berubah menjadi Medan.
  4. Ada cerita lain lagi, asal kata Medan itu dari kata MEJAN= Patung Kayu. Diceritakan turunan dari Ompu ni Urung Huta, ada membuat mejan di kota Medan dan lama- lama patungkayu itu lapuk dan lenyap, dari Mejan itulah asalnya nama Medan.
Yang mana sebenarnya asal-usul nama Kota Medan?, kami pun belum bisa memastikannya. Paling tidak kita mengetahui beberapa asal-usul yang menamakan Kota Medan.


0 komentar:

Posting Komentar

Sangat berterima kasih jika anda memberikan kritik, saran dan pendapat melalui kolom komentar.

Jangan lupa infokan juga tentang tempat wisata yang belum disajikan di blog ini.

Pemesanan Tiket, Gunakan Menu Kanan Atas Halaman >>


widget
Diberdayakan oleh Blogger.